Resep Pie Dory Udang, Hidangan Seafood Lezat untuk Keluarga

Jum'at, 30 September 2016 - 04:30 WIB
Resep Pie Dory Udang, Hidangan Seafood Lezat untuk Keluarga
Resep Pie Dory Udang, Hidangan Seafood Lezat untuk Keluarga
A A A
JAKARTA - Bagi Anda pencinta seafood namun bosan dengan hidangan seafood yang itu-itu saja seperti udang bakar atau ikan goreng tepung, kini Anda tak perlu khawatir. Pasalnya, Delicious.com.au telah berbagi resep masakan seafood rumahan yang tak kalah lezat seperti yang Anda temui di restoran.

Seperti resep yang satu ini, Pie Dory Udang yang cocok disantap bersama keluarga tercinta. Pensaran seperti apa cara membuatnya? Yuk, intip resepnya berikut ini.

Bahan-bahan:
750 gram ikan cod atau dory fillet
350 gram udang
625 ml susu cair
1 bh bawang bombay ukuran kecil, cincang kasar
1 lembar daun salam
75 gram unsalted butter, cincang
50 gram tepung terigu
1 kg kentang, potong dadu sesuai selera
100 gram keju cheddar, parut
Garam dan merica secukupnya

Cara membuat:
1. Panaskan oven sampai 200 derajat Celsius. Tempatkan ikan, susu, bawang, dan daun salam ke dalam wajan diatas api sedang. Bumbui dengan garam dan merica kemudian didihkan, lalu kecilkan api dan masak selama 5 menit atau sampai kuah susu meresap namun jangan sampai kuah habis. Angkat ikan, sisihkan. Tuangkan sisa susu ke dalam mangkuk.

2. Cairkan 50 gram mentega dalam wajan di atas api sedang. Tambahkan tepung dan aduk rata selama 2—3 menit. Tambahkan susu dan masak selama 2 menit hingga tercampur rata dan mengental. Bumbui dengan garam dan merica.

3. Sementara itu, masukkan kentang dalam panci berisi air yang telah diberi garam dan didihkan, lalu masak selama 15 menit atau sampai kentang lunak. Tiriskan, kemudian masak kembali kentang ke dalam panci selama 30 detik untuk membuang sisa air pada kentang. Haluskan kentang dengan 75 gram keju dan 25 gram mentega.

4. Siapkan ikan, hilangkan kulitnya, kemudian susun diatas pinggan tahan panas dengan tambahan udang dan saus, kemudian aduk rata. Tambahkan kentang halus diatasnya kemudian ratakan. Tambahkan 25 gram keju dan panggang selama 30—35 menit sampai matang dan berwarna kecokelatan.

5. Matikan oven, kemudian biarkan pie dingin selama 5 menit, sajikan.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5964 seconds (0.1#10.140)